Artikel Teknologi Sistem Peredaran Darah

 TEKNOLOGI SISTEM PEREDARAN DARAH



        Hai-hai, perkenalkan nama saya Febrian Bobby Santosa, saya merupakan siswa dari SMA Negeri 1 Surakarta yang sekarang menduduki kelas 11. Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai teknologi sistem peredaran darah. Dalam teknologi sistem peredaran darah terdapat beberapa teknologi yang sering digunakan dalam kasus medis yang biasanya kita jumpai, yaitu Ekokardiograf, pemindaian menggunakan bahan radioaktif, operasi Bypas, terapi gen, Angioplasti, Transplantasi Jantung, dan Pacemaker.
        
        Ekokardiograf adalah suatu teknik untuk mengetahui struktur internal, mendiagnosis adanya gumpalan darah, arah aliran darah, tumor, anatomi, dan pergerakan katup, serta gerakan jantung maupun pembuluh darah yang besar tanpa memasukkan alat ke tubuh pasien, tetapi menggunakangelombang ultrasonik untuk membentuk gambar bayang.

        Pemindaian dengan bahan radioaktif merupakan cara yang aman untuk mendeteksi adanya penyakit jantung dengan cara menyuntikan bahan radioaktif yang tidak berbahaya kedalam tubuh pasien. Setelah itu menggunakan alat detektor Sin Gamma untuk merekam dan membuat foto polaroidnya.

        Operasi Bypas adalah teknik revaskularisasi atau membuat saluran baru melalui arteri koroner yang mengalami penyempitan atau penyumbatan. Saluran baru yang dibuat dapat berasal dari arteri atau vena yang sehat dari tubuh bagian lain yang dicangkokkan atau dihubungkan dari aorta menuju ke jantung untuk menggantikan jalur arteri yang tersumbat.

        Terapi gen merupakan suatu teknik untuk menumbuhkan pembuluh darah baru dengan cara menyuntikkan beberapa salinan gen yang mengkode VEGF (Vacular Endothelial Growth Factor). VEGF diperlukan untuk mendorong munculnya pembuluh-pembuluh darah baru dari arteri. Jika berhasil, pembuluh darah akan melintasi arteri-arteri yang tersumbat. Sekitar 60% pasien memperlihatkan tanda-tanda munculnya pembuluh darah dalam waktu 2 sampai 4 minggu.

        Angioplasti adalah teknik untuk membuka sumbatan berupa plak atau timbunan lemak pada pembuluh darah yang tidak parah menggunakan kateter yang dilengkapi balon yang dapat memaksa pembuluh darah terbuka dan plak akan terdorong keluar sehingga darah bisa mengalir kembali. Setelah proses selesai, balon akan dikempiskan dan ditarik keluar.

        Transplantasi jantung merupakan teknik yang dianggap terbilang paling sukses. Banyak pasien yang mengantri menunggu ketersediaan organ jantung baru, tetapi persediaan organ jantung masih terbatas.

        Pacemaker adalah alat pemacu detak jantung yang berupa sebuah perangkat bertenaga baterai untuk menstabilkan detak jantung dengan cara memberi impuls listrik berkekuatan ringan. Alat ini ditanamkan pada pasien secara permanen di dada melalui operasi untuk menciptakan sayatan kecil di dinding dada tepat di bawah tulang selangka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Blog dan Vlog, Youtuber dan Vlogger

Percobaan Blog Pertama Informatika